Jumat, 29 Mei 2015

Naskah Pidato Untuk Anak-anak (Tema SYUKUR NIKMAT)



 Hasil gambar untuk bersyukur
Assalamu'alaikum wr.wb.,

Yang Terhormat para Dewan Juri
Hadirin dan hadirot yang dimuliakan Allah
Dan kawan-kawan yang saya cintai

Alhamdulillah… alhamdulillahirobbil alamin. Wasshalatu wassalamu ala asyrafil anbiya' wal mursalin. Sayyidina Muhammadin wa ala alihi wa shahbihi ajma'in. amma ba'du.
Segala puji bagi Allah, Yang telah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk dan rupa. Shalawat serta salam senantiasa kita haturkan kehadirat nabi besar Muhammad SAW, yang telah menyelamatkan manusia dari kesesatan menuju pintu hidayah.
Hadirin dan hadirot yang saya mulyakan…
Dalam kesempatan ini, saya akan membawakan sebuah pidato dengan tema:
SYUKUR  NIKMAT
Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

Hasil gambar untuk ayat syukur ibrahim ayat 7


"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".


 
 Hadirin dan hadirot yang dicintai Allah…
Marilah kita merenung sejenak, untuk berpikir. Betapa banyak karunia Allah yang kita dapatkan setiap harinya. Sejak bangun tidur di pagi hari, hingga tidur kembali di malam hari. Antara lain, sejak bangun tidur, kita bebas langsung bernapas. Kita tidak perlu membeli udara terlebih dahulu. Coba bayangkan kalau masih harus membeli. Pasti repot, kan?
Makanya setiap bangun tidur, kita harus berdo'a. Bagaimana do'anya?

الْحَمْدُ لِلَّه الَّذِي أَحْیَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَیْهِ النُّشُوْرِ
“Segala puji bagi Allah Yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan kepada-Nya kami dibangkitkan”

Masih banyak sekali nikmat Allah yang lain. Misalnya, air yang banyak. Sehingga kita bisa mandi dengan puas, minum sampai kenyang, tanaman bisa tumbuh, dan ibu-ibu bisa mencuci. Nikmat yang lain lagi, berupa kesehatan. Alhamdulillah, kita mempunyai badan yang sehat sehingga bisa belajar, bermain, mengaji dan lain-lain. Kalau badan sakit, kita tidak bisa apa-apa. Paling-paling Cuma bisa tidur-tiduran dan badan terasa tidak enak. Apalagi sampai harus dirawat di rumah sakit. Jangan sampai, ya teman-teman... mudah-mudahan kita sehat selalu. Amien... ya robbal 'alamien...
Kawan-kawanku yang shalih dan shalihah...
Itu hanya contoh kecil dari sekian banyak nikmat Allah. Bahkan, di Al Quran disebutkan, andai lautan semua diubah menjadi tinta, niscaya tidak akan cukup untuk menulis semua nikmat Allah. Itu karena nikmat Allah betul-betul melimpah.
Nah, sebagai hamba yang baik, maka jangan lupa BERSYUKUR. Kita harus berterima kasih atas karunia yang banyak ini. Bagaimana cara berterima kasih pada Allah? Yang paling mudah dengan mangucapkan ALHAMDULILLAH. Selain itu, kita juga harus menjaga segala pemberian Allah dan merawatnya dengan baik. Jangan lupa selalu berdo'a agar nikmat Allah pada kita selalu bertambah.
Hadirin dan hadirot yang saya muliakan...
Kiranya cukup sekian pidato saya. Semoga dapat memberi manfaat yang besar, agar kita menjadi hamba yang pandai bersyukur.
Wabillahi taufiq wal hidayah,
 Wassalamu'alaikum wr.wb.

6 komentar: