Kiat-kiat Mencerdaskan Anak tanpa Menghafal
Judul Buku : Einstein Tak Pernah Menghafal
(Einstein Never Used Flash Cards)
Penulis : Kathy Hirsh-Pasek, Ph.D.
Roberta Michnick Golinkoff, Ph.D.
Diane Eyer, Ph.D.
Penerjemah : Fahmy Yamani
Penerbit : Penerbit Kaifa
PT. Mizan Pustaka
Cetakan : Kedua, Juni 2006
Hal 150
Sebuah penelitian tentang peranan orang tua dalam pembelajaran bahasa dilakukan oleh Profesor Betty Hart dan Todd Risley, ilmuwan senior di Schiefelbusch Institute for Life Span Studies di University of Kansas di Lawrence. Mereka meneliti 42 keluarga dalam waktu 3 tahun. Hasilnya adalah betapa pentingnya kontribusi orang tua dalam pembelajaran bahasa seorang anak. Keluarga yang diamati terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda, dan diklasifikasikan menjadi 3 golongan: keluarga miskin, keluarga yang bekerja, dan keluarga profesional. Hasil penelitian mereka antara lain:
Seorang anak dari keluarga miskin rata-rata mendengar 616 kata setiap jamnya. Dari keluarga yang bekerja rata-rata mendengar 1.251 kata setiap jamnya, dan dalam keluarga profesional seorang anak mendengar rata-rata 2.153 kata setiap jamnya. Jika diekstrapolasi, dalam setahun anak keluarga miskin mendengar 3 juta kata, keluarga yang bekerja (menengah) 6 juta kata, dan keluarga para profesional 11 juta kata.
Saat meneliti perbandingan jumlah larangan dan persetujuan, hasilnya sebagai berikut:
-anak-anak keluarga profesional mendengar 32 persetujuan dan 5 larangan setiap jamnya (rasio 6:1)
-anak-anak keluarga menengah mendengar 12 persetujuan dan 7 larangan setiap jamnya (rasio 2:1)
-anak-anak keluarga miskin menerima 5 persetujuan dan 11 larangan setiap jamnya (rasio 1:2)
Hal 159
Lima syarat membentuk sebuah lingkungan bahasa yang mantap (meneliti tempat pengasuhan dan taman kanak-kanak)
1. Tanggapan: Apakah sang pengasuh atau guru menangggapi saat sang anak memanggilnya?
2. Emosi positif: Apakah dia menanggapi dengan senyuman dan bahasa tubuh yang posotif?
3. Apakah guru tersebut menaruh perhatian kepada anak-anak? Apakah dia membicarakan hal yang menarik bagi anak-anak?
4. Pertumbuhan: Apakah sang guru mengajukan berbagai pertanyaan dan mengembangkan apa yang dibicarakan sang anak?
5. Membaca: Apakah ruangan itu dipenuhi dengan alat menulis dan buku? Apakah sang guru membacakan buku kepada anak-anak?
Hal 160
"Mampu berbicara dengan dua bahasa atau lebih adalah sebuah kelebihan"
"Jika Anda ingin mengenalkan bahasa kedua, lakukan dalam dunia nyata"
"Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mempelajari 2 bahasa akan lebih sukses saat penggunaan kedua bahasa tersebut dipisahkan"
"Bayi yang jenius mempelajari dua bahasa dan menggunakannya dengan tepat saat mereka berusia 2 sampai 2,5 tahun"
Jadi, ayo praktek!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar